Pramuka golongan penegak

Posted by Pramuka UIN SUSKA RIAU on Friday, June 12, 2015

Pramuka Penegak
  
 Penegak merupakan tingkatan dalam pramuka setelah penggalang.Penegak adalah sebutan bagi anggota pramuka yang berusia 16-20 tahun.


Kode Kehormatan Penegak
            Kode kehormatan penegak adalah Tri satya dan dasa dharma, namun isi dari tri satya pramuka golongan penegak sedikit berbeda dengan penggalang,Berikut isi nya:

Tri Satya
            Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sumgguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan yang maha esa dan negara kesatuan republik indonesia, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, menepati dasa dharma.

Dasa Dharma
1.Takwa Kepada Tuhan yang maha esa
2.Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3.Patriot yang sopan dan kesatria
4.Patuh dan suka bermusyawarah
5.Rela menolong dan tabah
6.Rajin terampil dan Gembira
7.Disiplin berani dan setia
8.Hemat cermat dan bersahaja
9.Bertanggung jawab dan dapat di percaya
10.Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Tingkatan Pramuka Penegak

            Pramuka penegak memiliki beberapa tingkatan yaitu:
1.Penegak bantara
2.Penegak Laksana

Pada lingkup pramuka penegak, untuk mengidentifikasi anggota ada yang di namakan sangga.Sangga terdiri dari 10 orang penegak, dalam satu sangga di pimpin oleh satu orang penegak yang di sebut pimpinan sangga (PINSA).Beberapa sangga bisa membentuk ambalan yang di pimpin oleh pradana.Di dalam ambalan terdapat struktur organisasi yang lengkap misal krani (sekertaris), juru uang (bendahara), juru adat dan anggota.Setiap ambalan mempunyai nama yang berbeda bisa dengan nama pahlawan atau tokoh pewayangan.

SKU dan SKK Penegak
Padagolongan pramuka penegak untuk mendapatkan TKU dan TKK penegak haruslah menyelesaikan syarat kecakapan Umum (SKU) dan atau syarat kecakapan Khusus (SKK).

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat...

Blog, Updated at: 9:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mari sukseskan Orientasi Anggota Baru (OAB) Angkatan XXXI Gugusdepan 08-059 Gugusdepan 08-060 kota Pekanbaru UIN SUSKA RIAU