PENGERTIAN,CIRI,UNSUR DAN BENTUK ORGANISASI

Posted by Pramuka UIN SUSKA RIAU on Thursday, May 28, 2015

1.PENGERTIAN 

http://pramuka-uinsuska.blogspot.com/2015/05/pengertian-ciri-unsur-dan-bentuk-organisasi.html
            Orgnisasi merupakan sekumpulan orang yang di susun dalam kelompok-kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

            Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur pembagian kerja antara sekelompok orang dan pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
            Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan.

            Menurut James D.Moneey Organisasi adalah bentuk perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

            Menurut Chesther I.Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih.

            Menurut Stephen P.Robbins berpendapat bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang di koordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif terus-menerus  untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

            Menurut Wikipedia Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

            Menurut Kamus besar bahasa indonesia M.Dahlan Al Barry Organisasi:Penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan;Susunan dan aturan dari berbagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur;Gabungan kerjasama(untuk mencapai tujuan tertentu).

            Menurut W.J.S Poerwadarminta, kamus umum bahasa indonesia Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian orang dsb.Sehingga merupakan kesatuan yang teratur.

            Menurut Jahu Mardhiyamoko dan Citra Handayani –Sosilogi untuk SMU kelas 1 Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas dan prosedur pergantian anggota.

            Dari pengertian-pengertian di atas dapat di di simpulkan bahwa organisasi adalah sebuah wadah atau tempat yang berisi kumpulan orang-orang yang saling bekerjasama satu dengan yang lainnya demi atau untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi Formal dan Organisasi Nonformal

Organisasi Formal
            adalah kumpulan dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerjasama yang rasional.Contoh Perseroan Terbatas, Sekolah, Negara, dan lainnya.

Organisasi Informal
            Adalah kumpulan dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.Contoh arisan ibi-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain sebagainya.

2.UNSUR-UNSUR ORGANISASI

a.Man
            Adalah orang-orang atau warga yang berada di dalam wadah atau organisasi tersebut dengan tugas dan tanggung jawab yang jelas.

b.Kerjasama yang jelas
            Adalah perbuatan atau pertisipasi bersama untuk mencapai tujuan bersama.

c.Tujuan
            Merupakan sasaran final yang akan di capai oleh organisasi.

d.Peralatan
            Terdiri dari semua sarana berupa materi,mesin-mesin, uang dan barang-barang lainnya.

e.Lingkungan
            Adalah seperti keadaan sosial, budaya, ekonomidan teknologi serta keadaan alam.

3.CIRI-CIRI ORGANISASI

a.Sebagai wadah atau tempat untuk bekerjasama
            Organisasi merupakan suatu wadah atau tempat bagi orang-orang yang ingin bersama-sama bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

b.Proses kerjasama sedikitnya ada 2 orang
            Ini sudah jelas, karna suatu organisasi adalah tempat untuk bekerja untuk bekerjasama yang mana untuk bekerjasama di butuhkan paling sedikitnya dua orang.Semakin banyaknya orang yang bekerjasama dalam suatu organisasi, maka organisasi tersebut juga haruslah menerapkan sistem penyusunan organisasi  dengan lebih sempurna.

c.Jelas Tugas dan kedudukannya masing-masing
            Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak yang berhubungan satu dengan yang lain yang ada di dalam organisasi tersebut haruslah lebih jelas, guna agar sistem organisasi dapat tertata dan terkelola dengan baik serta sempurna dan juga tujuan bersama dapat tercapai  secara maksimal.

d.Adanya Tujuan bersama
            Salah satu ciri organisasi adalah memiliki tujuan brsama, dan dengan adanya tujuan bersama ini anggota ataupun orang-orang yang berada di dalam organisasi atau wadah tersebut dapat bekerjasama dengan baik untuk mencapainya.

4.BENTUK-BENTUK ORGANISASI

a.Organisasi Sosial

 adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.


b.Organisasi Politik

 adalah organisasi atau kelompok yang bergerak atau berkepentingan atau terlibat dalam proses politik dan dalam ilmu kenegaraan, secara aktif berperan dalam menentukan nasib bangsa tersebut. Organisasi politik dapat mencakup berbagai jenis organisasi seperti kelompok advokasi yang melobi perubahan kepada politisi, lembaga think thank yang mengajukan alternatif kebijakan, partai politik yang mengajukan kandidat pada pemilihan umum, dan kelompok teroris yang menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan politiknya. Dalam pengertian yang lebih luas, suatu organisasi politik dapat pula dianggap sebagai suatu sistem politik jika memiliki sistem pemerintahan yang lengkap.
Organisasi politik merupakan bagian dari suatu kesatuan yang berkepentingan dalam pembentukan tatanan sosial pada suatu wilayah tertentu oleh pemerintahan yang sah. Organisasi ini juga dapat menciptakan suatu bentuk struktur untuk diikuti.


c.Organisasi Mahasiswa

 adalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler.Organisasi ini dapat berupa organisasi kemahasiswaan intra kampus, organisasi kemahasiswaan antar kampus, organisasi ekstra kampus maupun semacam ikatan mahasiswa kedaerahan yang pada umumnya beranggotakan lintas atau antar kampus.

d.Organisasi Olahraga


e.Organisasi Sekolah
f.Organisasi Negara
g,Organisasi Pemuda
h.Organisasi Agama

Sumber bacaan

Blog, Updated at: 2:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mari sukseskan Orientasi Anggota Baru (OAB) Angkatan XXXI Gugusdepan 08-059 Gugusdepan 08-060 kota Pekanbaru UIN SUSKA RIAU